GAWAT, 210.688 Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE Sepanjang 2023

PROHABA.CO — Sepanjang tahun 2023, Ditlantas Polda Aceh mencatat ada 210.688 jumlah pelanggaran lalu lintas yang terekam kamera pengawas Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan, saat ini ada lima titik di Banda Aceh dan Aceh Besar yang terpasang kamera.

Kamera tersebut terpasang di Simpang Kota Banda Aceh dua titik, satu titik di Simpang Jambo Tape, satu titik lampu merah Lampriet dan satu titik di Bundaran Simpang Lambaro.

“Kalau secara grafik itu memang jumlah pelanggar tahun 2023 ini sedikit menurun,” kata Iqbal saat dikonfirmasi Serambinews.com dan Prohaba.co, Sabtu (13/1/2024).

Dia mengatakan, jumlah pelanggaran lalu lintas yang terekam kamera ETLE tahun 2023 sebanyak 210.688 pelanggaran, dan tervalidasi sebanyak 6.822 pelanggaran.

“Sementara rata-rata tercapture dari ETLE Mobile ada 10 pelanggaran,” sebutnya.

Ia mengatakan, bagi pengendara yang melanggar tersebut, pihaknya akan memberikan sejumlah sanksi.

Sanksi yang diberikan apabila pelanggaran melakukan konfirmasi dan ditilang.

Namun jika tidak melakukan pembayaran denda tilang, maka akan Blokir STNk.

“Dan apabila tidak melakukan konfirmasi maka STNK akan diblokir,” jelasnya.

Nantinya, kata Iqbal, petugas mengidentifikasi data kendaraan menggunakan Electronic Registration & Identifikasi (ERI) sebagai sumber data kendaraan. 

Kemudian, petugas mengirimkan surat konfirmasi ke alamat publik kendaraan bermotor untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

Apabila benar, pemilik Kendaraan melakukan konfirmasi via website atau datang langsung ke Kantor Sub Direktorat Penegakan Hukum.

“Terakhir, petugas menerbitkan tilang dengan metode pembayaran via BRIVA untuk setiap pelanggaran yang telah tervalidasi. Kegagalan pemilik kendaraan untuk konfirmasi akan mengakibatkan blokir STNK Sementara,” pungkasnya.(Indra Wijaya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *