Real Count KPU 19 Februari 2024: Baru 9 Partai Lolos ke Senayan, 2 Parpol Non-Parlemen Masih Optimis

Dari hasil perhitungan sementara yang dipublikasikan lewat Sirekap KPU di laman pemilu2024.kpu.go.id, baru sembilan partai yang selama ini sudah ada di parlemen yang sudah melewati ambang batas minimal untuk lolos mengirimkan wakil ke parlemen (parliamentary treshold).

PROHABA.CO Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus melakukan penghitungan berjenjang untuk Pemilu 2024, termasuk untuk pemilu legislatif (pileg).

Menurut data hingga Senin (19/2/2024) pukul 19.00 WIB, belum ada partai baru yang tampak akan mewarnai Senayan.

Dari hasil perhitungan sementara yang dipublikasikan lewat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU di laman pemilu2024.kpu.go.id, baru sembilan partai yang selama ini sudah ada di parlemen yang sudah melewati ambang batas minimal untuk lolos mengirimkan wakil ke parlemen (parliamentary treshold).

Dikutip dari Kompas.com, kesembilan partai itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Adapun partai baru dan partai peserta Pemilu 2019 tanpa kursi parlemen (partai non-parlemen) yang ikut kembali ke Pemilu 2024 belum satu pun lolos parliamentary treshold.

Mereka adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Perindo, dan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda). 

Syarat untuk dapat mengirimkan wakil ke parlemen adalah perolehan minimal 4 persen suara sah nasioal dalam Pemilu Legislatif.

Penghitungan berjenjang KPU dijadwalkan berlangsung hingga Selasa (20/2/2024) mendatang.

Berdasarkan perkembangan data Sirekap KPU, suara yang sudah terekapitulasi mencapai 57,20 persen, sebagai akumulasi data 470.921 dari 823.236 TPS se-Indonesia.

Perolehan suara itu didapat dari setiap daerah pemilihan yang juga masih berproses menyerahkan data per TPS.

Optimis ke Senayan

Meski data sementara tidak memperlihatkan gelagat ada partai non-parlemen dan partai baru lolos ke Senayan, optimisme belum surut dari mereka.

Setidaknya, ini mencuat dari dua partai yaitu PSI dan Partai Gelora Indonesia.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

Sumber: Kompas.com

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *