Kota Bekasi Raih Sertifikat Kota Bebas Frambusia Tingkat Nasional

Bekasi Jawa Barat, Wartaterkini.news – Dalam rangka memperingati _World Neglected Tropical Disease (NDT)_ Tahun 2024, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan penghargaan Sertifikat Eliminasi Filariasis dan Bebas Frambusia bagi Kota/Kabupaten di Indonesia.

Penyerahan sertifikat tersebut digelar di Ballroom Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat yang dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Deputi Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia/_World Health Organization_ untuk Indonesia Dr. Momoe Takeuchi pada Rabu (06/03)

Berdasarkan Surat Undangan Dari Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jendral P2P Nomor PM.03.03/C/C430/2024 Tentang Penyerahan Sertifikat Bebas Frambusia Dan Sertifikat Eliminasi Filariasis Menteri Budi Gunadi Sadikin menyerahkan Sertifikat Bebas Frambusia Kepada 99 Bupati/Walikota Dan Sertifikat Eliminasi Filariasis Kepada 3 Bupati/Wali Kota se- Indonesia.

Di tahun 2023, terdapat 99 Kabupaten/Kota  yang mendapatkan Sertifikat Bebas Frambusia, khususnya di  Provinsi Jawa Barat yang mendapatkan sertifikat tersebut adalah, yakni Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bogor.

Frambusia dikenal juga sebagai frambesia tropica atau patek. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit yang terinfeksi. Pada awalnya, frambusia hanya akan menyerang kulit. Namun, seiring berjalannya waktu, penyakit ini juga dapat menyerang tulang dan sendi.

Atas raihan tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan sungguh-sungguh dalam menjalankan komitmen kerjanya sehingga Kota Bekasi dinyatakan Bebas Frambiusis.

“Raihan ini merupakan wujud kolaborasi dan sinergitas yang tangguh antara Dinas Kesehatan bersama pemangku di wilayah baik Camat dan Lurah serta seluruh Tenaga Medis di Kota Bekasi untuk gencar melakukan langkah preventif dan solutif dalam penanganannya,” ungkap Gani Muhamad.

Gani Muhamad pun mengucapkan terima kasih atas dukungan besar masyarakat yang telah bersama-sama berjuang melawan penyakit tersebut dan Ia pun berpesan, “tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal masing-masing, lengkapi dengan asupan makanan yang sehat, sehingga cita-cita Indonesia Sehat dapat terwujud di masa depan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan peluncuran paket obat mdt kusta dewasa dan anak, yang diluncurkan oleh Kementrian Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Kikih/Red)

Kota Bekasi Raih Sertifikat Kota Bebas Frambusia Tingkat Nasional

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Bekasi Jawa Barat, Wartaterkini.news – Bertempat di Alun-Alun M. Hasibuan…

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Bekasi Jawa Barat, Wartaterkini.news – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-27…

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Semarang Jateng, wartaterkini.news – Sampai hari keempat hari pelaksanaan Operasi…

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Jakarta, wartaterkini.news–Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat menyambut bulan…

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),…

Print 🖨 PDF 📄 eBook 📱Muba Sumsel, wartaterkini.news–Usai melaksanakan KKN, ratusan mahasiswa universitas Islam Negeri…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *