Arab Saudi Imbau Jamaah Umrah Fokus Ibadah, Jangan Asyik Foto-Foto Saat Tawaf

Otoritas menginstruksikan kepada para jamaah untuk menjaga kedamaian dan ketenangan saat melakukan tawaf.

PROHABA.CO, MEKKAH – Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Arab Saudi mengimbau jamaah umrah untuk sepenuhnya beribadah saat melakukan tawaf di Masjidil Haram.

Otoritas tersebut juga menegaskan, jamaah tak boleh melakukan perilaku yang tidak pantas seperti berdesak-desakan atau asyik dengan foto-foto (fotografi) saat melakukan tawaf.

“Jamaah harus mencurahkan perhatian penuh untuk berdoa kepada Allah dalam keheningan tanpa mengeraskan suara, menghormati kesucian dan status Ka’bah, serta mematuhi etika Masjidil Haram saat melakukan tawaf,” ungkap Otoritas itu, seperti dilansir Saudi Gazette pada Rabu (20/3/2024).

Dikutip dari Kompas.com, Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga menegaskan, jamaah tidak boleh melakukan perilaku yang tidak pantas seperti berdesak-desakan atau keasyikan dengan fotografi atau foto-foto saat tawaf mengelilingi Ka’bah di Masjidil Haram.

Otoritas menginstruksikan kepada para jamaah untuk menjaga kedamaian dan ketenangan saat melakukan tawaf.

Lebih lanjut, Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Arab Saudi menyatakan bahwa jamaah umrah dapat mencium Hajar Aswad hanya pada saat-saat ketika tidak ada kepadatan jika memungkinkan,

Selain itu, jamaah juga dapat melakukan dua rakaat shalat sunnah setelah tawaf di mana saja di Masjidil Haram.

Otoeitas tersebut mengingatkan para jamaah umrah untuk menghindari tindakan yang dapat menyebabkan orang lain terancam dalam bahaya seperti kemungkinan berdesak-desakan.

“Para jamaah umrah harus melakukan ritual dengan cara yang benar dan mereka dapat pergi ke kantor fatwa yang terletak di seluruh Masjidil Haram untuk mendapatkan klarifikasi atas keraguan mereka sehubungan dengan masalah agama apa pun.

Para jamaah juga harus bekerja sama dengan para pekerja yang ditunjuk untuk melayani mereka serta memastikan keselamatan mereka di mataf,” kata otoritas tersebut.

Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Arab Saudi menyampaikan, dengan patuh terhadap arahan, berarti jamaah sudah berkontribusi pada keselamatan dan kenyamanan para jamaah lain di Masjidil Haram. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Arab Saudi Imbau Jemaah Umrah Hindari Keasyikan Foto-foto Selama Tawaf”,

Update berita lainnya di PROHABA.co dan Google News

Sumber: Kompas.com

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *